Analysis of Patient Preferences in Choosing Health Services at Ibnu Sina Islamic Hospital Pekanbaru

Authors

  • Rina Sabri Universitas Lancang Kuning
  • Fahmi Oemar Universitas Lancang Kuning
  • Helwen Heri Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55356/so.v1i4.30

Keywords:

Patient Preferences, Location, Socioeconomic, Quality of Service, Patient Satisfaction

Abstract

To survive and develop sustainably, hospitals must be able to respond to the dynamics of change by knowing patient preferences to be able to provide quality health services. This study was conducted on inpatients at RSI Ibnu Sina Pekanbaru with the aim of knowing the factors that influence patient preferences from location, socio-economic factors, service quality and patient satisfaction as an intervening. The research population was conducted on inpatients at RSI Ibnu Sina Pekanbaru with a research sample of 150 people who were taken by simple random sampling method. The study used quantitative analysis and descriptive statistics. For the analysis tool used Structural Equation Model which is processed with SmartPLS2 Software. The results of research analysis at RSI Ibnu Sina prove that the location of the hospital, the socioeconomic status of the family, the quality of health services affect patient satisfaction. Family location and patient satisfaction affect patient preferences while the quality of health services does not affect patient preferences. Patient satisfaction has an effect on mediating health service quality variables on patient preferences, but patient satisfaction has no effect on mediating location variables and socio-economic status variables on patient preferences.

References

Asrul Azwar (1996), Syarat pokok pelayanan kesehatan, dalam Isniati Jurnal Kesehatan Masyarakat, September 2007, II (1)

Asrul Azwar. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Alamsyah, 2017.Faktor-faktor yang mempengaruhi pasien dalam pemanfaatan layanan rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin”. Skripsi. Departemen Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makassar.

Anggri vebnia,Ari pradhanawati,Sendhang nurseto, 2013,pengaruh fasilitas, lokasi dan tarif terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien sebagai variabel mediasi pada pasien poli rumah sakit muhammadiyah semarang, artikel jurnal,vol.2, no.4-2013

Chriswardani Suryawati, Dharminto, Zahroh Shaluhiyah,2006, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Volume 09 No. 04 Desember,2006 Halaman 177 - 184

Dever, G.E Alan.1984. Epidemiology in health Service Management. United States Of America: Aspen Publishers,Inc.

Desi Fantri, Achmadi, M.Basri, 2012, JPPK Vol.1 No.1, Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan (Studi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Yarsi Pontianak)

Difa Nurulia Savitri, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Tarif Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Non Asuransi), Universitas Diponegoro.

Dina Ramadhanti, 2016, Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis,Vol.16 No.2 (2016), Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap Kewirausahaan

Diskha Marzaweny, Djumilah Hadiwidjojo, Teddy Chandra, 2012, Analisis Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru,artikel Jurnal, ISSN :1693-5241.

Dumpapa, Y. 2010. Hubungan Lokasi, Biaya, Personil dan Informasi rumah sakit dengan keputusan memilih rawat inap di RSUD Bitung. Manado: Program Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulangi

Fitria Apriliani Yulinda, Saryadi , Bulan Prabawani, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pasien Dalam Menggunakan Jasa Rawat Inap Pada Rumah Sakit Permata Medika Semarang,Jurnal Ilmu Administrasi-Ejournal3.Undip.Ac.Id http://profilrumahsakit.blogspot.com, 2011/09 Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru.

https://persi.or.id › jumlah-rs-di-indonesia-pertumbuhan,2018.

Ivany vatriscia, 2021, faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat pada pelayananan kesehatan rsu mitra sejati medan johor,jurnal health sains vol.2 no.7,2021.

Ketut Gunawan, Sundring Pantja Djati, 2011, Kualitas Layanan Dan Loyalitas Pasien(Studi Pada Rumah Sakit Umum Swasta Di Kota Singaraja–Bali), Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.13, No. 1, Maret 2011: 32-39

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT.Indeks, Jakarta.

Krisan Sisdiyantoro, Eni Minarni, 2021, Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Protokol Kesehatan, Jurnal Benefit Volume 8 No. 2 Juli 2021.

Merita Arini, 2021, Waktu Kontak Petugas Dengan Pasien Terhadap Kualitas Layanan: Studi Perspektif Petugas Kesehatan Di Puskesmas X, Jurnal Kesehatan Volume 15, Nomor 2 Tahun 2021pissn : 1978-4325, Eissn : 2655-2434, Doi: 10.36082/Qjk.V15i2.194

Nanda Maghfirah, 2017, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Rencana Pemanfaatan Pelayanan Persalinan Oleh Pasien Antenatal Care Di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Tahun 2017, Skripsi Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat,UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 30 tahun 2019 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit

Pratama Edi, 2011.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pasien Rawat Jalan Dalam Memilih Rumah Sakit Dengan Menggunakan Algoritma Chaid.

Rochmiati Dkk, 2021, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pilihan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Syariah, Jurnal Kesehatan Masyarakat Stikes Cendekia Utama Kudus, E-Issn 2580-992x Vol. 8, No. 2, Februari 2021, Fakultas Kesehatan Masyarakat ,Universitas Diponegoro.

Rosiana Rizal, Muslim Suardi,Yulihasri, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi terhadap Loyalitas Pasien,artikel jurnal,Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 3(2), 108-114.

Titin Wahyuni, 2017, Analisis Preferensi Terhadap Sosiodemografi Pada Pasien Umum Instalasi Rawat Jalan Rsud Bdh Surabaya 2016, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs Dr. Soetomo, Vol. 3 No. 1, April 2017 : 113-122

Triana Helmawati, Siti Dyah Handayani, 2014, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Di Klinik Rumah Zakat Yogyakarta, Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Wilda Try Wahyuni, Abdul Jalil Amri Arma, Maya Fitria, 2015, Perbandingan Preferensi Peserta Bpjs Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Dr. Pirngadi Dan Rumah Sakit Martha Friska Medan Tahun 2015, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2015

Downloads

Published

31-10-2022